Saturday, August 30, 2014

Berbagi Pakai Folder di Windows 7 Menggunakan Fitur HomeGroup

Adakalanya ketika komputer anda terhubung pada sebuah jaringan, anda ingin memanfaatkan fitur berbagi pakai baik itu berkas, folder atau perangkat seperti printer agar bisa digunakan bersama-sama pada jaringan yang anda gunakan, tips ini ditujukan bagi pengguna windows versi 7 ke atas. tidak berlaku pada windows xp.
Buka jendela Control Panel kemudian klik "Network and Internet"

Dibawah HomeGroup klik "Choose homegroup and sharing Options"

Pilih salah satu type item yang ingin dibagi pakai, hilangkan pilihan pada item yang tidak ingin dibagi pakai dalam jaringan. Kalau sudah selesai klik "Save changes"

Anda bisa memilih semua atau salah satu jenis item yang ingin dibagi pakai dalam jaringan anda misalnya: Pictures, Music, Videos, Document atau Printer.


Untuk berbagi pakai custom library atau folder, buka windows explorer, lalu pilih custom library atau folder yang ingin dibagi pakai. lalu klik tombol "Share with" dibagian toolbar.

Jangan klik 2x pada custom library atau folder, anda cukup klik sekali saja



Pilih salah satu opsi pada menu drop down "Share with". Jika anda ingin berbagi pakai dengan orang tertentu, klik "Spesific people..." dan ikuti perintah berikutnya.

Anda bisa berbagi pakai custom library atau folder anda dengan siapapun, dengan homegroup anda, atau dengan orang-orang yang anda tentukan sendiri, jika anda berbagi pakai dengan homegroup anda, anda dapat mengijinkan homegroup anda dengan label baca akses dan memungkinkan pengguna lain dapat membuka item tetapi tidak bisa melakukan perubahan apapun baik itu menambah dan menghapus file yang ada didalamnya

 Ketikkan username dari orang yang ingin anda ijinkan berbagi pakai, atau klik tanda panah dibagian kanan dialog box lalu pilih  orang yang ditampilkan oleh menu drop down, kemudian klik tombol "Add"

Pengguna yang dipilih akan ditambahkan demikian juga hak aksesnya


Untuk merubah level permission dari pengguna, klik namanya dan pilih "Read", "Read/Write", atau "Remove".
Klik "Remove" pada salah satu user jika anda ingin membuang fitur berbagi file pada pengguna yang tidak anda kehendaki

.
Kalau sudah selesai klik "Share"

Begitu selesai mengklik share, windows akan menampilkan jendela pertanyaan apakah ingin memberikan akses pada user lain yang dikehendaki berbagi pakai dengan anda.

Klik "Next".

Klik "Done"

Begitu anda selesai mengklik tombol "Done" maka library custom, atau folder yang anda kehendaki untuk berbagi pakai sudah siap digunakan oleh pengguna yang anda pilih untuk bisa berbagi pada jaringan anda.